Rabu, 22 Januari 2014

siva khaswir (monistik)

Siwa Sidhanta tugas V
33
§  Aksara Yam, Wam, Sim, dan Nam adalah utpatti Sang Hyang Pancaksara. Aksara Sim, Wam, Man dan Yam adalah Sthiti Sang Hyang Pancaksara. Sedangkan aksara Nam, Mam, Sim, Wam, Yam, adalah Pralina sang Hyang Pancaksara.

34
§  Aksara Ya dihilangkan dimasukkan pada aksara A (Aksara) pada tahap pertama. Tahap kedua masukkan aksara Tang (Siwa) pada aksara U (Ukara).

35
§  Tahap ketiga aksara Ya (Yakara) dihilangkan menjadilah ia aksara Ma (Makara). Adapun aksara A (Aksara) dan aksara U (Ukara) apabila dilebur akan menjadi aksara O (Okara).

36
§  Apabila aksara Ma (Makara) dihilangkan ia akan menjadi Bindu (Windu = titik) yang terletak diatas O (Okara). Demikianlah tatacara lahir (Utpati), pemeliharaan (Sthiti), dan peleburan (Pralina). Sang Hyang Panca Brahma dan Pancaksara.

37
§  Pertama-tama aksara Ma (Makara) diikuti oleh aksara A dan selanjutnya diikuti oleh aksara U sebagai kelahiran Sang H yang Tri Aksara Mam, Am dam Um. Itulah tatacara sehingga menyebebkan mencapai sorga.

38
§  Apabila aksara A dipakai permulaan kemudian diikuti oleh aksara U dan aksara Ma, sebagai pemeliharaannya Sang Hyang Tri Aksara Am, Um dan Mam. Itulah tatacara yang jiga dapat menyebabkan mencapai sorga.

39
§  Adapun apabila dimulai dengan aksara U (Ukara) selanjutnya diikuti oleh aksara A dan terakhir aksara Ma, sebagai pelebur Sang Hyang Tryaksara Um, Am, dan Mam (akan mencapai) Sorga. Adapun aksara U lebur pada Bindu (windu=titik) dan Ardacandra. Sedangkan aksara Ma (Makura) lebur pada Nada. Nada itu terletak pada alam kosong. Demikianlah tatacaranya. Sampai pada hati Caturdasaksara.

40
§  Inilah Sang Hyang Bhedajnana kuajarkan kepadamu anakku, oleh karena teramat rahasia sifatnya, karena itu tidak diketahui oleh dunia (masyarakat), apa sebabnya? Karena ia adalah rahasia tentang diri (kita), seandainya rahasia itu tidak diketahui mustahil akan dapat mencapai (dunianya) Siwa.

41
§  Sesungguhnya asal diri manusia adalag Dewa (Dewa sarira) dan ia yang selalu menjaga Sang diri. Hal itu diketahui oleh Sang Pendeta yang merupakan pengetahuan rahasia tentang manusia, dari awal, pertengahan dan akhir, habis olehku mengajarkan kepadamu, oleh karena teramat sangat penting untuk diketahui.

42
§  Adapun murid yang dapat diberikan pengetahuan tentang Sang Hyang Bhedajnana adalah murid yang punya imam terhadap Dana ( sedekah), orang yang dapat mengendalikan nafsunya, dan mereka yang bersungguh-sungguh hendak melaksanakan Dharma, melaksanakan Bratha (mengurangi kepentingan hidup di dunia ini), dan pada murid yang berbakthi berguru. Umpamanya : adalah yoga yang di ajarkan oleh Sang Hyang Bhedajnana. Adapun tatacaranya demikian (lihat sloka 43).

43
§  Ada tiga prilaku bagi orang yang mengutamakan (purusa) kebebasan seperti : ada yang mengikuti prilaku Sakala, Kawalasuddha dan Malinatwa. Ketiganya dijelaskan demikian. Sakala artinya berbadan tri guna (satwam, rajas, tamas). Kewalasuddha artinya melepaskan diri dari kebahagiaan (duniawi). Malinatwa artinya bebas dari sifat tri guna. Manowijnana badannya, artinya suci badannya. Jiwanya badan suci, dari sana menuju kesangsian, itulah yoga namanya. Sinyakara kaiwalya artinya orang yang tak ternoda oleh kebahagiaan duniawi aialah yang dianggap Siwa Suci.

44
§  Tak lama kemudian, setelah senang terdiam hening pada badan yang suci, bebas dari nafsu keduniawian tanpa keraguan wujud yang kosong (itulah yang dimaksud) lenyapnya segala keinginan. Itulah yang disebut kesucian tertinggi (Paramisudha) karena lenyapnya (segala keinginan) lalu menggaib tanpa ragu-ragu. Kerjakanlah hal itu oleh dirimu sendiri. Kesimpulannya, pengetahuan suci yang tak ternodai (adalah) sarana untuk mencapai penyatuan diri dengan Sang Roh Yang Maha Agung. Tidak ada yang melebihi keinginan-keinginan yang tak ternoda oleh kesenangan duniawi. Orang demikian pasa saat mati rohnya (Sang Roh Yang Mempribadi) akan memperoleh kebahagiaan. Inilah yang dikatakan Purwadhakoti (awal dari sejuta kegelapan ) namanya, oleh karena tak terikat oleh karma dan penikmatan hasil perbuatan, karenanya mencapai nirwana ujar para Pendeta. Apa sarananya agar mencapai (nirwana) itu ? ada tiga sarana utama bagi orang yang mengutamakan kebebasan batin dimana sarana itu dapat mengantar kepada suatu keberhasilan. Ketiga sarana dimaksud adalah Wairagyaditraya, Pararogya dan Dhyanaditraya. Wairagyaditraya adalah mengadakan Bahyawairagya Parawairagya, Iswarapranindhana. Bahyawairagya artinya kawiratin . kawiratin artinya pendeta yang berilmu tinggi di masyarakat. Parawairagya artinya pendeta witaraga. Pendeta witaraga adalah pendeta ynang meninggalkan kesenangan hidup (keduniawian). Iswarapranindhana artinya sang pendeta ynang taat ayogaprawrtti. Ayogaprawrtti artinya pendeta yang taat melaksanakan pemujaan kepada tuhan. Dhyanaditraya artinya melakukan pranayama, dharana san samadhi. Pranayama artinya pemusatan dan pengaturan nafas. Dharana artinya pranawajnana artinya pemusatan bathin. Samadhi adalag Nirwyaparajnana yang artinya ingat pada tuntutan yang tampak. Itulah sarana untk menemukan Sang Hyang Bhedajnana.

45 – 47
§  Keberadaan Sang Hyang Sadhubhranti kelepasan, Sang Hyang Wyudbhranti disuruh menjelma kedunia, kemudian ada mantra pemisahnya. Hendaknya Tri Aksara itu teguh dilaksanakan olehmu (pasti) dicapai Sang Hyang Sadhubhranti, janganlah keliru (pasti) Sang Hyang Wyudbhranti ketemu. Banyak pertandanya, tetapi satu maksudnya, umpama : apabila engkau mendengar suara Ardhacandra Bindu Nada sekaranglah tiba saatnya kematianmu, janganlah engkau ragu-ragu , lepaskanlah segala kesetiaanmu dan hubungan dengan keluargamu lalu tutup pangkal nadi (pangkal peredaran darah), ineban (kerongkongan) dan semua lubang yang ada pada badan sambil melakukan pemusatan batin, dan pengaturan nafas artinya tutuplah pikiranmu. Janganlah berbuat sesuatu, apabila engkau bisa melaksanakannya dengan baik maka sang roh yang bersemayam pada dirimu akan meninggalkan badanmu. Sebagai jalan sang hyang pranawa ( sang roh yang mempribadi =atma) menuju Dwadasangulasthana (tempat yang terlettak jauh di atas 12 (jari) tingkatan), yang disebut tempat tak terlihat (niskala), tempat Bhatara Paramasiwa. Terbanglah ia sang roh yang mempribadi dari sana (sang diri), itulah yang disebut moksa.

48
§  Tak lama kemudian setelah Sang Roh Yang Mempribadi terbang dari  Dwadasangulasthana, patutlah sang roh yang mempribadi menjadi paramasiwa tatwa, kembali sebagai roh (roh yang maha agung), apa sebabnya demikian ? yang berasal dari sunya akan kembali pada paramasunya. Itulah sebabnya ketahuilah kelakuan itu oleh orang yang ingin mencapai kebebasan. Itulah sarananya untuk menemukan pengetahuan utama.

SIWA KHASWIR (Monistik)
Di antara berbagai filsafat hindu Kashmir Shaivism (Kasmir Saivism) adalah sekolah saivism terdiri dari Trika dan Pratyabhijña artikulasi filosofisnya. Hal ini dikategorikan oleh berbagai akademisi sebagai monistik  idealisme idealisme absolut  monisme teistik,  idealisme realistis, transendental fisikalisme atau monisme beton. 
Sikap tertentu adalah Kesadaran bahwa adalah hal yang mendasari alam semesta.  Ini berbeda dari Vedanta afgaita dari Shankara , yang juga memberikan keunggulan untuk Kesadaran Universal (Brahman), tetapi menyatakan bahwa dunia fenomenal adalah ilusi (maya).  Tidak sebut dunia nyata yang fenomenal, tetapi melihatnya sebagai permainan Kesadaran, yang berarti bahwa segala sesuatu ada dan memiliki keberadaan dalam Kesadaran. Dengan demikian, filsafat Kashmir Shaivism, juga disebut Trika, bisa dilihat sebagai penyempurnaan atau penyesuaian Shankara yang Advaita. 
Tujuan dari Kashmir Shaivism adalah untuk bergabung dalam Kesadaran Shiva atau Universal, atau menyadari satu sudah ada dengan identitas Siwa, melalui kebijaksanaan, yoga dan kasih karunia. 
"Kashmir Shaivism telah merambah ke kedalaman pemikiran yang hidup di mana arus beragam hikmat manusia bersatu dalam sebuah sintesis bercahaya." -Tagore (9 Mei 1861 - 7 Agustus 1941) Penghargaan Nobel dalam Sastra (1913).
Kashmir Shaivism muncul selama delapan  atau kesembilan abad Masehi.  di Kashmir dan membuat langkah signifikan, baik filosofis dan teologis, sampai akhir abad kedua belas masehi.
Sebuah rumah tangga agama, itu didasarkan pada interpretasi yang monistik yang kuat dari Tantra Bhairava (dan subkategori yang dimiliki oleh Tantra Kaula), yang ditulis oleh tantra Kapalikas..Ada tambahan wahyu dari Sutra Siva untuk Vasugupta.Kasmir Saivism mengaku menggantikan Siwa Sidhanta, tradisi dualistik yang sarjana mempertimbangkan normatif tantra Shaivism. Para Siwa Sidhanta tujuan menjadi sebuah Siwa ontologis yang berbeda ( melalui anugerah siwa ) digantikan denga mengenai diri sendiri sebagai siwa yang di Kasmir monisme saivism, adalah keseluruhan dari alam semesta.  Somananda, teolog pertama Saivism monistik, adalah guru dari Utpaladeva, yang merupakan grand-guru Abhinavagupta , yang pada gilirannya adalah guru dari Ksemaraja.
Titik pandang Kashmir Shaivism dapat diringkas dengan konsep Citi, mala, upaya dan moksha, sebagai berikut.
  1. Citi: Kesadaran Universal (Citi) adalah hal-hal mendasar dari alam semesta  . Kesadaran ini adalah salah satu dan termasuk seluruh. Hal ini juga bisa disebut Tuhan atau Siwa.
  2. Mala: kontrak Kesadaran itu sendiri. Yang satu menjadi banyak. Shiva menjadi individu (jiwa). Kontraksi ini disebut mala (kotoran). Ada tiga Malas, maka mala individuasi (ANAVA mala), maka mala dari pikiran terbatas (māyīya mala), dan mala tubuh (karma mala) .
  3. Upāya: Seorang individu terjebak dalam penderitaan keberadaan diwujudkan, menderita oleh tiga Malas, akhirnya merindukan untuk kembali ke keadaan primordial nya dari Kesadaran Universal . Untuk mencapai ini, ia melakukan praktek sadhana atau spiritual. Kashmir Shaivism menjelaskan empat metode (upāya-s): āṇavopāya, metode tubuh, śaktopāya, metode pikiran,śāmbhavopāya, metode Kesadaran, dan anupāya yang 'methodless' metode .
  4. Moksa: Buah dari sadhana individu adalah pencapaian realisasi diri (moksa). Di Kashmir Shaivism, keadaan pembebasan (mukti) disebut Sahaja samadhi  dan ditandai dengan pencapaian kebahagiaan teguh kesadaran ketika tinggal kehidupan biasa seseorang
Anuttara adalah prinsip utama di Kashmir Shaivism, dan dengan demikian, itu adalah realitas fundamental bawah seluruh alam semesta . Di antara multitafsir dari Anuttara adalah: "tertinggi", "di atas semua" dan "realitas yang tak tertandingi".  Dalam Bahasa Sansekerta alfabet Anuttara dikaitkan dengan huruf pertama - "A" (di Devanagari ""). Sebagai prinsip utama, Anuttara diidentifikasi dengan Siva , Sakti (Sakti sebagai identik dengan Siva), kesadaran tertinggi (cit), cahaya tidak diciptakan ( Prakasa ), tertinggi subjek (aham) dan getaran temporal (spanda). Praktisi yang menyadariAnuttara melalui cara apapun, baik dengan usaha sendiri atau dengan transmisi langsung oleh Rahmat Siwa / shakti, dibebaskan dan merasakan sekali tidak ada perbedaan antara dirinya dan tubuh semesta. Menjadi dan makhluk menjadi satu dan sama berdasarkan dari "gesekan erotis," dimana subjek memandang objek dan yang bertindak persepsi diisi dengan nondual menjadi / kesadaran / kebahagiaan. Anuttara berbeda dari konsep transendensi dalam hal itu, meskipun itu adalah di atas segalanya, tidak berarti keadaan pemisahan dari Universe.
Aham, konsep Kashmir Shaivism , didefinisikan sebagai jantung tertinggi (Hrdayam), transenden Diri , tertinggi saya kesadaran  atau kesadaran yang tak terbatas. Ruang Aham dari sinilahkechari mudra (gerakan bebas dalam ruang jantung) direalisasikan Kechari mudra dianggap sebagai negara tertinggi evolusi spiritual
Dalam Aham, tertinggi (para) aspek Sakti direalisasikan. Aham adalah sakti dari Dewa Siwa atau dengan kata lain, perluasan Siva.  Cara lain untuk menggambarkan Aham adalah sebagai persatuan Siwa dan Sakti,  yang emittive (visarga) aspek Agung (Anuttara).
Definisi lain dari Aham adalah bahwa mantra primordial, mantra transendental,  sehingga disebut hati-Bija (mantra dari jantung) -. kekuatan dan kekuasaan kesadaran .Sebagai mantra tertinggi,Aham berkaitan erat untuk matravīrya (potensi mantra).  Dengan demikian realisasi Aham menganugerahkan kekuasaan atas mantra apapun
Ketika Siva ingin menciptakan, langkah pertama dikatakan penciptaan ruang interior (ruang hatinya) - matriks dari energi yang akan menjadi substrat dari dunia baru. Tempat ini disebut Aham yang berarti "saya" dalam Bahasa Sansekerta . Jadi yang pertama mutlak menciptakan pribadi yang suci, Aham, dan dari orang ini ilahi akan muncul manifestasi itu sendiri.
Aham identik dengan mātṛkā (roda energi phonematic), sifat penting dari semua kategori dari Prithvi tatwa (bumi) untuk Sadasiva tatwa . Aham adalah tempat peristirahatan terakhir, tempat tinggal, tempat tinggal semua makhluk, wadah dari dunia.
Aham terbentuk dari A + HA + M, tiga serangkai Shiva (A), Sakti (HA) dan bindu (M).  M adalah titik akhir, persatuan Siwa dan Sakti, di mana mereka larut ke Paramaśiva. Segitiga A + HA + M adalah inti dari sistem Trika.  A + HA + M membentuk Bija sṛṣṭi (biji emisi), mantra yang identik dengan energi ekspansi dan penciptaan. 
Aham juga dapat didefinisikan sebagai: A = abedha (non-diferensiasi), HA = Bheda (diferensiasi) dan M = bhedābheda (diferensiasi cum non-diferensiasi)
Di sisi lain, MAHA, cermin citra Aham,  terbentuk dari MA + HA + A, dan merupakan bija saṃhara (benih reabsorpsi) - mantra yang identik dengan proses evolusi spiritual, atau dalam kata lain dari reabsorpsi kembali ke dalam manifestasi absolut. Dalam MAHA, Sakti (HA) masuk bindu (M) (makhluk terbatas) dan reuni dengan Agung (A).
Pratyabhijña
Pratyabhijña adalah artikulasi filosofis Kashmir Saivism. Pratyabhijña secara harfiah berarti "pengakuan spontan", karena tidak memiliki upāyas (berarti), yaitu, tidak ada yang praktek; satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah mengenali siapa Anda . Ini "berarti" benar-benar bisa disebut anupāya,Bahasa sansekerta untuk "tanpa berarti". Ksemaraja, mahasiswa dari abinagata gova menggunakan analogi cermin untuk menjelaskan Pratyabhijña.
Kaula
Meskipun peliharaan ke dalam tradisi rumah tangga, Kashmir Saivism merekomendasikan kinerja rahasia praktek Kaula sesuai dengan warisan. Hal ini harus dilakukan dalam pengasingan dari mata publik, karena itu memungkinkan seseorang untuk menjaga penampilan seorang perumah tangga khas.
Svatantrya, yang diciptakan sendiri kehendak bebas
Konsep kehendak bebas memainkan peran sentral di Kashmir Shaivism. Dikenal dengan nama teknis Savatantri  itu adalah penyebab dari penciptaan alam semesta - kekuatan primordial yang membangkitkan mutlak dan memanifestasikan dunia di dalam kesadaran tertinggi dari Dewa Siwa.
Svātantrya adalah satu-satunya milik Allah, semua sisa subyek sadar menjadi rekan peserta dalam berbagai derajat pada kedaulatan ilahi. Manusia memiliki tingkat yang terbatas kehendak bebas berdasarkan tingkat kesadaran. Pada akhirnya, Shaivism Kashmir sebagai monistik idealis sistem filsafat memandang semua mata pelajaran menjadi identik - "semua adalah satu" - dan yang satu adalah Siva, kesadaran tertinggi. Dengan demikian, semua mata pelajaran memiliki kehendak bebas tetapi mereka bisa tahu tentang kekuatan ini. Ketidaktahuan juga adalah kekuatan yang diproyeksikan oleh svātantrya dirinya pada penciptaan dan hanya dapat dihapus oleh svātantrya.
Sebuah fungsi dari svātantrya adalah bahwa pemberian rahmat ilahi Saktipat.  Dalam sistem filsafat pembebasan spiritual tidak dapat diakses oleh usaha belaka, tapi tergantung hanya pada kehendak Allah. Dengan demikian, murid hanya bisa menyerahkan diri dan menunggu rahmat ilahi untuk turun dan menghilangkan keterbatasan yang memenjarakan kesadarannya.
Kausalitas di Kashmir Shaivism dianggap diciptakan oleh Svātantrya bersama dengan alam semesta. Dengan demikian tidak ada kontradiksi, pembatasan atau aturan untuk memaksa Siva bertindak salah satu cara atau yang lain Svātantrya selalu ada di luar perisai membatasi ilusi kosmis Maya.
The sutra Siva
Para inisiat besar pertama tercatat dalam sejarah ini jalan spiritual adalalah vasugupta(c. 875-925). Vasugupta dirumuskan untuk pertama kalinya dalam menulis prinsip-prinsip dan doktrin-doktrin utama dari sistem ini.
Sebuah karya fundamental Shaivism, secara tradisional dikaitkan dengan Vasugupta, adalah Siva surtas dari Vagupta .  Secara tradisional, ini sutra dianggap telah diwahyukan kepada Vasugupta oleh Siwa. Menurutnya mitos, Vasugupta memiliki mimpi  dimana Siwa menyuruhnya pergi ke gunung Mahadeva di Kashmir. Di gunung ini dia dikatakan telah menemukan ayat-ayat tertulis di batu, Shiva Sutras, yang menguraikan ajaran monisme Siwa. Teks ini adalah salah satu sumber utama bagi Kashmir Shaivisme Pekerjaan adalah kumpulan kata-kata mutiara Sutra-sutra menjelaskan sebuah (murni non-dual advaita ) metafisika. Ini sutra, yang diklasifikasikan sebagai jenis Sastra Hindu dikenal sebagai agamas, juga dikenal sebagai Siwa Upanishad Samgraha(Sansekerta: śivopaniṣad saṅgraha) atau Shivarahasyagama Samgraha. 

Klasifikasi dari tradisi tertulis
Para Kashmir pertama Siwa teks ditulis di awal abad kesembilan Masehi.  Sebagai monistik tantra sistem, Trika Shaivism, seperti yang juga dikenal, menarik ajaran dari shutis , seperti monistik tantra bairapa , Shiva Sutras dan vasugupta , dan juga versi unik dariBhagawan Gita yang memiliki sebuah komentar oleh abinagagupta, yang dikenal sebagai yang gitartha samgraha Ajaran ini juga diambil dari Tantraloka dari Abhinavagupta, menonjol di antara tubuh besar Smritis dipekerjakan oleh Kashmir Shaivism.
Secara umum, tradisi tulis seluruh Shaivism dapat dibagi dalam tiga bagian dasar: Agama Sastra, Sastra dan Spanda Pratyabhijñā Sastra.
1. Agama Sastra adalah tulisan-tulisan yang dianggap sebagai wahyu langsung dari Dewa Siwa. Tulisan-tulisan ini pertama kali disampaikan secara lisan, dari master ke murid layak. Mereka termasuk karya penting seperti Mālinīvijaya Tantra, Svacchanda Tantra, Vijñānabhairava Tantra, Netra Tantra, Mṛgendra Tantra, Rudrayāmala Tantra, sivasutra dan lainnya. Ada juga komentar banyak untuk karya-karya ini, Śivasūtra memiliki sebagian besar dari mereka. 
2. Spanda Sastra, pekerjaan utama yang Spanda Karika dari Vasugupta, dengan banyak komentar nya. Dari mereka, dua sangat penting utama: Spanda Sandoha (pembicaraan ini hanya komentar tentang ayat pertama dari Spanda Karika), dan Spanda Nirṇaya (yang merupakan komentar dari teks lengkap). 
3. Pratyabhijñā Sastra adalah mereka yang memiliki tulisan-tulisan terutama metafisik konten. Karena sangat tinggi tingkat spiritual dan intelektual, ini bagian dari tradisi tertulis dari Shaivism adalah diakses setidaknya untuk yang belum tahu. Namun demikian, batang tubuh tulisan mengacu pada modalitas yang paling sederhana dan paling langsung realisasi spiritual Pratyabhijñā berarti. "Pengakuan" dan mengacu pada pengakuan spontan dari sifat ilahi tersembunyi dalam setiap manusia ( atman ). Karya-karya yang paling penting dalam kategori ini adalah: Isvara Pratyabhijñā, karya fundamental utpaladeva, dan Pratyabhijñā Vimarśinī, sebuah komentar untuk Isvara Pratyabhijñā Pratyabhijñā sarana Isvara sebenarnya pengakuan langsung dari Tuhan (Isvara) sebagai identik dengan Hati seseorang.. Sebelum Utpaladeva, tuannya Somānanda wrote Siva Dṛṣṭi (Visi Siva), sebuah renungan
Tokoh Bijak Kashmir Saivisme
Abhinavagupta
Semua empat cabang dari tradisi Shaivism Kashmir disatukan oleh filsuf besar Abinagagupva (sekitar 950-1020 Masehi  ). Di antara karya-karya penting itu, yang paling penting adalah Tantraloka ("Cahaya Ilahi Tantra"), sebuah karya dalam ayat-ayat yang merupakan sintesis megah dari tradisi seluruh monistik Shaivism. Abhinavagupta berhasil merapikan semua perbedaan jelas dan perbedaan yang ada antara berbagai cabang dan sekolah Shaivism Kashmir dari hadapannya. Dengan demikian ia menawarkan visi kesatuan, koheren dan lengkap dari sistem ini. Karena panjang luar biasa (5859 ayat  ) dari Tantralokaabinavagupva sendiri menyediakan versi lebih pendek dalam prosa, yang disebut Tantrasara ("Esensi Tantra").
Jayaratha
Lain Kashmir penting Shaivite, Jayaratha (1150-1200 AD, ), menambahkan komentarnya untuk Tantraloka , tugas dari kesulitan besar yang hidup mengejar yang panjang. Dia menyediakan konteks yang lebih, kutipan banyak dan klarifikasi tanpa yang beberapa bagian dari Tantraloka tidak mungkin untuk menjelaskan hari ini.

Ajaran Terkait
Krama
Para krama istilah berarti 'kemajuan', 'gradasi' atau 'suksesi' masing-masing 'perkembangan spiritual' arti atau 'bertahap penyempurnaan dari proses mental' (vikalpa),atau 'berturut-penyingkapan yang terjadi di tingkat akhir ', dalam Kesadaran Agung (cit).
Bahkan jika sekolah Krama merupakan bagian integral dari Kashmir Shaivism, juga sistem independen baik secara filosofis dan historis.  Krama adalah signifikan sebagai sintesis dari Tantra dan sakta tradisi berdasarkan monistik Saivism.  Sebagai Tantra dan Sakti berorientasi sistem dari mistik asa,  Krama mirip dalam beberapa hal Spanda baik sebagai pusat pada aktivitas sakti, dan juga mirip dengan kula dalam pendekatan Tantra mereka. Di dalam keluarga Kashmir Shaivism, sekolah Pratyabhijñā adalah Krama bentuk yang paling berbeda. Fitur yang paling khas dari Krama adalah monistik-dualistik nya (bhedābhedopāya) disiplin dalam tahap mendahului untuk realisasi rohani.  Bahkan jika Kashmir Shaivism adalah monisme idealistik, masih ada tempat untuk aspek dualistik sebagai tahap mendahului pada jalan spiritual . Jadi dikatakan bahwa dalam praktek Krama mempekerjakan dualistik-cum-nondualistik metode, namun dalam filsafat yang mendasari tetap nondualistik.  Krama memiliki bias epistemis positif,  ditujukan untuk membentuk sebuah sintesis dari kenikmatan (bhoga) dan penerangan (moksa).

Spanda
Sistem Spanda, diperkenalkan oleh Vasugupta (c. 800 AD), biasanya digambarkan sebagai "getaran / gerakan kesadaran". Abinagagupta menggunakan ungkapan "semacam gerakan" untuk menyiratkan perbedaan dari gerakan fisik, melainkan lebih merupakan getaran atau suara di dalam Ilahi, sebuah berdenyut.  Inti dari getaran ini adalah kesadaran diri berulang gembira.  Prinsip utama dari sistem ini adalah "semuanya Spanda", baik realitas eksterior obyektif dan dunia subyektif.  Tidak ada tanpa gerakan,  namun gerakan utama terjadi tidak dalam ruang atau waktu, tetapi di dalam Kesadaran Agung (cit). Jadi, ini adalah siklus dari internalisasi dan eksternalisasi dari kesadaran itu sendiri, yang berhubungan dengan pesawat paling tinggi dalam penciptaan ( siva sakti sava ).  Dalam rangka untuk menggambarkan konotasi konsep Spanda, serangkaian konsep setara lain disebutkan, seperti: kesadaran diri sendiri yang berulang - vimarśa,  tanpa hambatan kehendak Kesadaran Agung (cit) - svātantrya, tertinggi energi kreatif - visarga, jantung ilahi - hṛdaya dan lautan cahaya-kesadaran  cidānanda.
Teks-teks yang paling penting dari sistem ini adalah sutra sivaSpanda Karika dan Vijnana Bhairava Tantra.
Lalleshwari (लल्लेश्वरी) (1320-1392), juga dikenal sebagai Lalla, Lal ded atau "Lal Arifa".  Dia adalah seorang mistik dari Shaiviste kasmir sekte,  dan pada saat yang sama, seorang sufi santo.Dia adalah pencipta puisi mistik disebut vatsun atau Vakhs, secara harfiah 'pidato'. Dikenal sebagai Vakhs Lal, ayat nya adalah komposisi paling awal dalam bahasa kasmir dan merupakan bagian penting dalam sejarah sastra kasmir.
BIOGRAFI
Lalleshwari lahir di Pandretan (Puranadhisthana kuno) sekitar empat setengah kilometer ke arah tenggara dari srinagar di kasmir pandit keluarga. Dia menikah pada usia dua belas, tetapi pernikahannya tidak bahagia dan ia meninggalkan rumah pada dua puluh empat untuk mengambil Sanyas (penolakan) dan menjadi murid dari Shaivite guru sidha srikanda (Sed Bayu). Dia melanjutkan tradisi mistik shaivism di Kashmir, yang dikenal sebagai trika sebelum 1900.  Ada berbagai cerita tentang pertemuan Lal ded dengan para pendiri tasawuf Kashmir. Satu cerita menceritakan bagaimana, kapan Sheikh  (Nund Rishi) lahir, dia tidak akan memberi makan dari ibunya. Setelah tiga hari, Lal DED tiba dan memberinya makan dirinya sendiri. Dia mengatakan kepada bayi itu, karena ia tidak malu untuk lahir, mengapa dia malu untuk minum dari payudara ibunya?

Menurut cerita lain, ketika Lal DED ditemui Sheikh ali hamadani ia melompat ke dalam tandoor (oven tanah liat) dan, ketika Syekh mengangkat tutupnya, Lal DED keluar mengenakan bunga. Ketika ditanya mengapa ia berpakaian seperti ini, Lal ded menjawab, mengatakan "Hari ini saya melihat seorang pria untuk pertama kalinya". Namun, ini cerita kedua ini dibantah oleh sebagian ulama sebagai tidak bisa diandalkan dan sebagai contoh bagaimana misionaris Islam ke Kashmir mencoba untuk mengambil alih Lal DED untuk tujuan mereka karena dia mewakili spiritualitas sudah ada Kashmir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar